Tips Menjual Produk Agar Cepat Laku

Posted on

Ketika memulai suatu bisnis, khususnya menjual produk, tentu harus pintar-pintar dalam menawarkan produk atau jasa yang akan Anda jual. Bagi yang baru saja memulai bisnis menjual produk, Anda harus mempunyai rasa percaya diri sebelum mulai berjualan. Dalam berjualan, tidak cukup hanya memperhatikan kualitas produk yang kita jual. Agar produk cepat laku tentu harus ada stimulus agar produk yang akan dijual bisa diterima dan laku dengan mudah.

Usaha menjual produk mungkin akan terasa berat bagi yang baru saja mulai, lalu bagaimana tips menjual produk agar cepat laku?  Berikut ini beberapa tips agar bisnis menjual produk mudah laku di pasaran.

1. Menentukan Target Pasar

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat menjual produk agar cepat laku di pasaran yaitu menjualnya ke pasar yang tepat. Beberapa penjual sering kali menawarkan produk yang mereka punya di calon konsumen yang salah, sehingga bukan kenaikan omset yang mereka dapatkan, karena mungkin saja calon konsumen yang Anda target memang bukan target dari produk yang kita jual.

Untuk memastikan usaha Andamenjangkau calon konsumen yang memang membutuhkan produk yang Anda jual, Anda perlu melakukan filterisasi dalam memasarkan produk jualan. Tentukan calon konsumen mana yang paling cocok terhadap produk yang Anda jual

2. Lakukan Secara Online

Anda tidak bisa hanya mengandalkan promosi produk secara konvensional atau offline, karena omset penjualan akan menjadi sangat terbatas, karena mungkin yang dapat mengetahui produk yang Anda jual hanya orang-orang yang kita kenal saja.

Lihat juga cara membuat rekening mandiri online

Oleh karena itu Andaperlu menggunakan internet dalam usaha ini. Menjual produk online mempunyai banyak keuntungan, karena potensi untuk mendapat konsumen akan jauh lebih tinggi. Semakin banyak konsumen yang mengetahui produk Anda, makan semakin besar omset yang akan kita terima.

3. Berjualan di Toko Online

Dalam menjual produk secara online Anda juga perlu memanfaatkan beberapa e-commerce atau toko online yang sudah banyak terdapat di Indonesia seperti Shopee dan Lazada. Menjual produk di shopee memungkinkan Anda mendapat lebih banyak calon konsumen, mengingat tingginya minat masyarakat dalam berbelanja online.

Jangan hanya menggunakan satu toko online, selain di shopee, jualan produk di lazada juga sudah terbukti bisa lebih mengenalkan produk yang Anda punya ke pasaran, sehingga Anda bisa mempunyai calon konsumen dari banyak kalangan.

4. Menciptakan Trend

Jika Anda dapat menjual atau menawarkan produk yang sedang trend dan banyak diminati oleh masyarakat tentu akan membuat produk Anda cepat laku di pasaran. Itu juga bisa terjadi bagi para pemula yang baru saja mulai berjualan, mungkin saja produk yang Anda jual akan langsung dibeli oleh banyak konsumen.

Tetapi seiringnya waktu, trend akan selalu berubah tergantung oleh pasar dan minat konsumen. Oleh karena itu Anda wajib bisa menyesuaikan trend yang ada dengan usaha jualan milik Anda agar produk selalu laris dipasaran.

5. Adakan Promo

Tips agar produk Anda cepat laku di pasaran selanjutnya yaitu melakukan promosi dalam menjual produk. Bentuk promo ada beberapa macam, salah satunya Anda bisa menawarkan diskon atau potongan harga.

Anda bisa menawarkan promo di waktu-waktu yang dirasa tepat, seperti di waktu banyak orang sedang gajian, atau bertepatan dengan hari-hari besar nasional. Anda bisa membuat sistem promo yang menarik dan menguntungkan bagi konsumen dan juga bagi Anda sendiri.

6.   Edukasi Produk

Anda wajib melakukan edukasi tentang produk yang kita jual, jangan hanya menawarkan produk saja, belum tentu konsumen bisa langsung memahami tentang produk yang Anda tawarkan. Anda bisa menuliskan deskripsi atau keterangan  tentang produk yang Anda jual. Hal ini ditujukan agar konsumen yakin bahwa produk yang Anda tawarkan layak untuk dimiliki oleh konsumen.

7. Meningkatkan Pelayanan

Selain memberikan edukasi mengenai produk yang Anda jual, Anda juga harus meningkatkan pelayanan, pasalnya ini menjadi salah satu poin penting dalam performa usaha yang Anda jalankan.

Jika Anda mempunyai pelayanan yang baik, tentu Anda akan memberikan kesan tersendiri bagi konsumen, dan mungkin saja konsumen akan menawarkan atau memberi rekomendasi kepada orang lain tentang produk yang kita tawarkan.

8. Perluas Jaringan

Anda perlu membangun banyak relasi dalam menjalankan usaha menjual produk ini, selain untuk memperluas jangkauan pasar. Anda juga bisa banyak mendapatkan strategi dan tips mengenai usaha yang kita jalankan. Setelah itu Anda bisa memperluas target pasar produk yang Anda punya. Tidak hanya berjualan di dalam negeri, Anda bisa menjual produk di luar negeri untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Bangun hubungan yang baik dengan konsumen atau relasi bisnis, hal ini akan mendatangkan berbagai manfaat, salah satunya Anda bisa mendapatkan target pasar yang lebih luas dan meningkatkan omset penjualan.

9. Iklan

Cara lain agar produk yang Andajual bisa cepat laku yaitu dengan membuat iklan tentang produk yang Anda tawarkan. Pembuatan iklan ini tentu akan memberikan banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh, salah satunya yaitu produk akan lebih dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat.

Lihat juga Perbedaan Revenue dan Income

Anda bisa membuat iklan di berbagai media online yang sudah ada dan terbukti berpengaruh cukup signifikan serta sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha. Media iklan tersebut seperti Instagram Ads, Facebook Ads dan juga Google Ads. Tetapi Anda perlu memperhitungkan biaya untuk dialokasikan dalam pembuatan iklan tersebut.

10. Kualitas Produk

Anda tentu tidak ingin membuat konsumen kecewa dengan kualitas produk yang telah Anda jual. Karena itu akan memberikan dampak yang besar, omset penjualan bisa langsung turun begitu saja. Anda harus bisa mempunyai track record dan reputasi yang bagus dengan terus menjaga kualitas produk yang Anda jual.

Itu tadi beberapa langkah penting dilakukan sebelum memutuskan untuk menjual produk. Lakukan masing-masing langkah dengan maksimal supaya memberikan hasil terbaik.