Cara Memilih Oli yang Bagus untuk Mobil

Cara Memilih Oli yang Bagus untuk Mobil

Posted on

Mungkin bagi sebagian orang oli hanya dipandang sebagai pelumas mesin saja. Namun sebenarnya fungsi dari oli tidak hanya itu karena perannya ternyata sangat besar seperti sebagai penutup celah pada dinding mesin, pendingin, penstabil suhu, dan lain sebagainya. Untuk itu Anda harus mengerti cara memilih oli yang bagus untuk mobil.

Hal ini bertujuan agar Anda tidak salah pilih oli sehingga nantinya berdampak kurang baik bagi performa mesin. Meskipun kalau tidak mau ribet Anda bisa menyerahkan pekerjaan ini kepada pihak bengkel jual aki mobil terdekat namun tetap saja pemilik adalah raja sehingga wajib memahami oli yang baik dan cocok dengan mesin kendaraan pribadi.

6 Cara Memilih Oli yang Bagus untuk Mobil

Pahami Karakter Mesin Kendaraan

Cara memilih oli yang bagus untuk mobil pertama dan harus Anda lakukan adalah pahami terlebih dahulu karakter dari mesin kendaraan. Setiap merek mobil mengusung mesin yang berbeda. Untuk itulah penting bagi Anda mengetahui informasi mengenai mesin agar lebih mudah mencari pelumas yang cocok.

Untuk mengetahuinya Anda bisa melihat buku panduan. Biasanya saat membeli kendaraan pihak penjual akan memberikan buku tersebut untuk memberikan informasi lengkap tentang spesifikasi kendaraan dan yang perlu Anda garis bawahi disini adalah kecocokan antara oli dengan mesin. Bukan kualitas, merek, atau harganya.

Jangan Terkecoh Dengan Harga Oli yang Murah

Tak sedikit dari pemilik kendaraan yang mudah terkecoh dengan produk murah namun isinya banyak. Jangan sampai itu Anda lakukan jika tidak ingin mesin kendaraan mengalami kerusakan. Meskipun dijual dengan kapasitas yang besar namun biasanya oli-oli tersebut palsu atau curah.

Memang murah namun kualitasnya sangat buruk sehingga akan membuat performa mesin menjadi kurang baik. Biasanya oli palsu akan ditandai dengan adanya warna hitam gelap, baunya tidak enak, dan terasa kasar karena sudah terkontaminasi dengan kandungan logam di dalam cairannya.

Berhati-hatilah saat memilih oli karena jika sampai Anda salah menempatkan pilihan maka konsekuensinya adalah mesin kendaraan menjadi kurang maksimal. Bahkan bisa saja sampai mengalami turun mesin yang artinya Anda harus mengeluarkan uang dengan jumlah yang lebih banyak untuk menggantinya.

Cek Bahan yang Digunakan Untuk Membuat Oli

Lakukan pengecekan terhadap bahan untuk membuat pelumas adalah bentuk cara memilih oli yang bagus untuk mobil.  Perlu Anda ketahui bahwa oli mesin mobil dibagi menjadi 3 jenis jika berdasarkan dengan bahannya. Pertama oli sintetik yang dibuat dengan berbagai campuran bahan kimia.

Kedua, oli mineral yang dibuat dari ekstraksi minyak bumi dan ketiga adalah oli semi sintetik yang dibuat dari bahan-bahan gabungan antara oli sintetik dan mineral. Diantara ketiganya oli semi sintetik yang mempunyai kualitas lebih baik dan mampu meningkatkan performa kendaraan menjadi lebih maksimal lagi.

Cek Tipe dan Merek Oli

Untuk cara memilih oli yang bagus untuk mobil yang keempat adalah silahkan cek tipe dan merek oli yang hendak Anda beli. Meskipun mempunyai fungsi yang sama namun oli tidak bisa menjadi pelindung mesin apabila kandungannya tidak sesuai dengan kebutuhan kendaraan.

Sudah dibahas sejak awal jika setiap mesin kendaraan pasti dibuat dengan tipe yang berbeda. Dengan begitu bisa dipastikan apabila kebutuhannya pun tidaklah sama. Dengan begitu jika ingin mendapatkan pelumas terbaik maka jeli lah dalam memilih tipe ataupun merek pelumas untuk kendaraan.

Pilihan Anda akan menentukan apakah mesin mobil bisa menjadi lebih maksimal saat digunakan atau sebaliknya. Usahakan untuk mencari tahu terlebih dahulu melalui internet mengenai spesifikasi oli yang baik dan bagus. Sehingga Anda bisa membandingkan antara satu merek dengan yang lainnya.

Perhatikan Buku Panduan Kendaraan

Buku panduan kendaraan jangan sampai Anda hilangkan. Disana biasanya akan tertulis mengenai informasi kendaraan secara lengkap dan spesifik. Mulai dari tipe mesin, oli yang direkomendasikan, rentang pergantian oli, sampai kapan Anda harus mulai service untuk meningkatkan kinerja mobil.

Maksudnya disini Anda harus memperhatikan buku panduan yang menjelaskan bagian apa oli yang rekomendasi untuk jenis mesin kendaraan Anda. Dengan begitu Anda tidak akan salah pilih. Cara memilih oli yang bagus untuk mobil wajib dilakukan dan tidak boleh dilupakan.

Cocokkan Dengan Tahun Produksi Mobil

Cara memilih oli yang bagus untuk mobil yang terakhir adalah cocokkan dengan tahun produksi kendaraan. Tujuannya adalah untuk menentukan pelumas mesin mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan mesin berdasarkan tingkat kekentalan cairannya. Sebaik apapun perawatannya tidak akan menjamin komponen kendaraan pasti dalam kondisi yang baik.

Satu sampai dua komponen pasti ada yang aus karena sering mengalami gesekan dari tahun ke tahun. Inilah yang harus Anda waspadai. Apabila gesekan mesin mobil terjadi dalam kurun waktu yang lama maka perlu diimbangi dengan oli mesin yang lebih kental.