Tips Buka Bisnis Cafe untuk Pemula

Tips Buka Bisnis Cafe untuk Pemula

Posted on

Sekarang ini bisnis cafe menjadi pilihan favorit bagi para pelaku usaha, karena bisnis ini mempunyai peluang cukup menjanjikan. Hal ini terbukti dengan menjamurnya beragam cafe yang terdapat di kota-kota besar bahkan hingga di pedesaan. Bukan hanya cafe nan mewah yang ditujukan untuk kalangan menengah ke atas saja, tetapi juga banyak terdapat cafe yang cukup bagus dan modern namun bisa untuk berbagai kalangan masyarakat.

Dalam memulai bisnis cafe memang membutuhkan modal yang bisa dibilang tidak sedikit, jika Anda menginginkan sebuah cafe yang besar dan mewah dengan nuansa modern, namun Anda bisa memilih memulai bisnis cafe yang sedikit lebih sederhana tetapi tetap mengusung nuansa cafe pada umumnya, tentu ini tidak memerlukan modal yang besar. Lalu apa saja tips untuk membuka bisnis cafe bagi pemula?

1.   Memantapkan Tujuan

Tips yang pertama bisnis cafe untuk pemula adalah Anda harus meyakinkan diri kita sendiri, bahwa kita akan serius dalam mengelola bisnis yang kita jalankan. Jangan langsung berpedoman bahwa membuka bisnis cafe akan secara instan mendapatkan omset yang besar. Hal pertama yang perlu kita perhitungkan adalah bagaimana kita mendatangkan konsumen atau menarik perhatian konsumen.

Lihat juga cara menjual produk agar cepat laku

Jika Anda mempunyai strategi untuk mendatangkan konsumen, walau cafe yang Anda miliki tidak mewah, konsumen akan memilih untuk selalu datang di cafe yang Anda punya.

2.   Memiliki Target

Dalam memulai bisnis cafe, hal pertama yang perlu juga diperhitungkan adalah mengenai target yang akan kita capai. Anda harus menentukan target terlebih dahulu agar menjadi lebih mudah dalam menentukan konsep cafe yang akan dipilih nantinya. Dalam menentukan target ini Anda harus menyesuaikan dengan budget yang kita punya.

Misalkan Anda menginginkan hasil bersih sebesar Rp 400 Ribu per hari, dan makanan serta minuman yang dijual memiliki margin 100%, maka kita harus bisa menjual makanan dan minuman serta produk lainnya dengan jumlah sebesar Rp 800 ribu dalam setiap harinya.

3.   Memilih Tempat Usaha

Memilih tempat usaha menjadi hal yang laing harus diperhitungkan, karena tempat usaha menjadi salah satu faktor terpenting dalam memulai bisnis satu ini. Jika Anda menginginkan tempat usaha bisnis café di tengah kota yang memang cukup strategis, namun tentu akan membutuhkan biaya sewa yang sangat tinggi.

Namun jika memang menginginkan bisnis café modal kecil Anda masih bisa memilih tempat di pinggir kota yang tidak terlalu mahal biaya sewanya, ini bisa menyesuaikan dengan budget yang kita punya.

Selain tempat di pinggiran kota, pilihan tempat di pedesaan juga tidak ada salahnya, karena beberapa pengunjung café mempunyai karakteristik yang berbagai macam, beberapa orang suka nongkrong di tengah kota yang ramai, tetapi juga banyak orang yang memilih tempat yang jauh dari kota, jauh dari keramaian seperti di pedesaan.

4.   Konsep Café

Memilih konsep juga menjadi poin penting dalam menentukan keberhasilan ketika membuka usaha café. Konsep ini harus disesuaikan dengan target konsumen yang sudah anda tentukan sebelumnya.

Misal Anda ingin menargetkan anak muda menjadi pelanggan café , maka  bisa memakai konsep bisnis café kekinian yang relevan dengan anak muda jaman sekarang. Dalam menentukan konsep ini Anda juga tetap harus menyesuaikan dengan dana yang Anda  punya, jika memang kita hanya memiliki modal yang cukup sedikit, bisnis café kecil-kecilan juga cukup menarik untuk dibuat.

Konsep bisnis café kecil-kecilan ini sudah banyak yang menjalankan, cukup dengan ruangan yang tidak terlalu luas dengan beberapa meja dan kursi namun dengan suasana yang cukup hangat.

5.   Mempersiapkan Menu Makanan dan Minuman

Anda bisa merencanakan menu apa yang akan kita jual dari awal setelah kita punya niatan untuk memulai bisnis café, tidak perlu menunggu sampai café yang kita miliki buka, karena ini akan mempermudah kita dalam menghitung modal awal.

Apabila kita akan membuka café dengan menu andalannya adalah kopi, maka Anda harus mempunyai produk kopi dengan cita rasa yang khas, dan berbeda dengan yang lain, karena orang yang datang dan membeli secangkir kopi memang orang yang menggemari kopi.

Selain itu biasanya bisa membedakan kopi mana yang enak dan tidak, maka dari itu Anda harus mempunyai ilmu tentang dunia kopi dan jangan menggunakan produk kopi yang dijual di pasaran pada umumnya.

6.   Hitung Modal

Modal awal untuk memulai membuka usaha café tentu sangat tergantung dengan konsep café yang akan Anda jalankan. Besar kecilnya modal yang harus kita siapkan tergantung dengan berbagai macam hal yang akan kita pilih.

Kita bisa memulai bisnis cafe modal kecil dengan memilih tempat yang tidak terlalu besar, furniture atau perabot yang sederhana namun tetap menarik, dan tempat usaha yang tidak berada di tengah kota karena biaya sewa akan cukup mahal.

7.   Keuntungan

Meskipun modal awal dalam membuka terbilang kecil, namun Anda bisa mengambil keuntungan yang tinggi lewat menjual makanan dan minuman dengan harga yang sesuai. Para pengunjung tetap akan membeli makanan dan minuman yang Anda jual dengan harga yang cukup tinggi, asalkan makanan dan minuman yang kita jual mempunyai citarasa yang tinggi dan café kita cukup nyaman untuk nongkrong para pengunjung.

8.   Perhatikan Kepuasan Konsumen

Tujuan membuka bisnis café tentu saja agar bisa mendatangkan keuntungan, namun jangan sampai mengecewakan konsumen yang telah rela datang ke café. Anda perlu meningkatkan pelayanan, seperti meningkatkan etika saat berkomunikasi dengan pengunjung, menjaga kualitas makanan dan minuman, menjaga agar café selalu dalam kondisi bersih dan nyaman, dan menyediakan fasilitas tambahan seperti internet.

9.   Variasi Menu

Anda harus menawarkan berbagai variasi makanan dan minuman yang Anda jual, karena pengunjung yang akan datang di café tentu mempunyai berbagai macam selera, sehingga para pengunjung bisa memilih menu makanan atau minuman yang sesuai dengan selera mereka.

Selain variasi menu, penting juga menyediakan berbagai menu dengan variasi harga, sediakan menu dengan harga yang murah dan harga yang mahal, karena para pengunjung yang datang ke café tentu sebelumnya tidak mengetahui berapa harga makanan dan minuman di café yang baru pertama mereka datangi.

10.   Promosi

Promosi perlu Anda lakukan agar bisnis café yang kita miliki bisa lebih banyak dikenal oleh masyarakat, sehingga ada kesempatan kita mendatangkan konsumen lebih banyak.  Salah satu cara melakukan promosi yaitu dengan cara memasang papan nama di pinggir jalan.

Lihat juga Perbedaan Revenue dan Income

Selain itu, kita bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan café yang kita miliki, karena di era digital seperti ini, banyak konsumen yang mencari tempat untuk nongkrong melalui media sosial mereka.

Itu tadi beberapa tips mudah untuk Anda terapkan sebelum memulai usaha cafe, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.