Liburan ke Jogja tapi tidak mampir ke tempat wisata Bantul? Sayang sekali. Sebagai salah satu daerah di Yogyakarta, Bantul tidak hanya terkenal sebagai daerah yang menawarkan harga makanan murah, loh. Bantul pun nyatanya juga cukup terkenal sebagai daerah wisata.

Daerah dengan luas kurang lebih 506 km2 ini menawarkan berbagai macam objek wisata yang cukup menarik dan tidak kalah Instagenic dengan objek wisata Sleman maupun objek wisata Kaliurang.

Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata religi bisa kamu nikmati dengan paket wisata jogja. Daripada berlama-lama, lebih baik langsung saja cek daftar tempat wisata di Bantul 2021 berikut ini dan jadikan list itinerary liburan kamu nanti.

Daftar Tempat Wisata Bantul Jogja yang Cukup Instagenic

Kawasan Bantul sebagai tempat wisata memang memberikan atmosfer tersendiri bagi para pengunjung. Tidak heran jika nantinya ketika kamu berhasil mewujudkan wishlist itinerary-muke Bantul, kamu akan merasa ketagihan.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Mustahil rasanya sebagai warga yang berdomisili di Jawa tidak mengenal pantai Parangtritis.

Sebagai pantai yang cukup pekat dengan legenda magis Nyi Roro Kidul, pantai Parangtritis juga cukup populer sebagai jujukan wisatawan domestik dan mancanegara.

Kamu akan dimanjakan dengan liarnya ombak Parangtritis, eksotisnya tebing Parangtritis, dan bisa menikmati berbagai macam sewa mobil murah di jogja fasilitas yang tersedia.

Misalnya saja berkuda, surfing, bermain layangan, dan naik ATV. Bisa juga hanya sekadar ingin menikmati pesona sunset pada sore hari sambil menikmati hidangan ringan yang tersaji.

Lokasi: Jalan Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Jogjakarta

Tiket: Rp 10.000

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara

Wisata pantai selanjutnya adalah pantai Goa Cemara. Ya, pantai ini memang menawarkan spot Instagenic untuk berfoto, layaknya pantai Parangkusumo dengan gumuk pasirnya, hingga pantai Samas dengan laguna alaminya.

Sesuai dengan namanya, spot Instagenic yang dimaksud adalah spot dari jajaran pohon cemara yang seolah-olah membentuk sebuah goa atau lorong.

Kamu bisa berpose ria di antara lorong cemara tersebut dan mengeksposnya di media sosial Instagram. Pasti akan mengundang banyak selebgram berlomba-lomba mengunjungi tempat wisata Bantul pantai Goa Cemara ini.

Lokasi: Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Jogja

Tiket: Rp 5.000

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan

Bagi kamu pecinta film Twilight, liburan ke hutan pinus Mangunan ini seolah-olah mengingat kamu dengan setting film Twilight, betul? Mungkin juga ketika kamu liburan ke hutan pinus Pengger, Bantul.

Pesona ribuan pohon pinus yang Instagenic ini bisa kamu jadikan spot berswafoto dengan amphiteater pinus dan membiarkan bus pariwisata jogja bayang-bayang hanyut dalam nostalgia film Twilight.

Lokasi: Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantu, Jogjakarta

Tiket: Rp 3.000

Curug Pulosari

Curug Pulosari

Meskipun bukan termasuk tempat wisata Bantul terbaru, tetapi curug Pulosari masih worth it untuk kamu kunjungi.

Lokasi curug Pulosari tersembunyi. Bahkan, pancuran yang dihasilkan pun terbilang kecil. Namun, siapa sangka kesegaran air dan udaranya tetap menjadi nomor satu dalam menciptakan kenyamanan.

Lokasi: Jalan Pajangan, Krebet, Sendangsari, Kecamatan Bantul, Bantul, Jogjakarta

Tiket: Rp 2.000

Goa Gajah Mangunan

Goa Gajah Mangunan

Selain berlibur ke hutan pinus Mangunan, goa Cerme, dan goa Selarong, kamu pun bisa mampir ke Goa Gajah Mangunan.

Ikon yang terkenal dari goa ini adalah adanya cahaya matahari atau biasa disebut dengan cahaya surga yang masuk ke goa melalui celah langit goa. Jadi, seolah-olah goa tersebut sedang disorot cahaya dari atas.

Berlibur ke sini memang sangat cocok untuk kamu yang suka beraktivitas menyusuri goa. Jangan lupa juga untuk memakai pakaian yang sesuai dan membawa penerangan, karena tempatnya licin, lembap, berlumut, dan gelap.

Lokasi: Jalan Mangunan, Lembah Bang, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogjakarta

Tiket: Rp 2.000

Rumah Budaya Tembi

Rumah Budaya Tembi

Wisata Bantul selain pantai yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Rumah Budaya Tembi.

Rumah ini dijadikan museum, tempat menyimpan berbagai macam dokumentasi sejarah dan budaya Jawa.

Jika kamu datang di waktu yang tepat, maka kamu bisa melihat pementasan drama, pertunjukan tradisional, serta pameran seni dan budaya lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan indah dari bentangan sawah hijau dan berfoto di depan rumah joglonya.

Lokasi: Jalan Parangtritis, Tembi, Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Jogjakarta

Tiket: Rp 20.000

Watu Goyang

Watu Goyang

Istilah “watu goyang” berasal dari bahasa Jawa yang berarti batu bergoyang.

Memang, batu ini bisa bergoyang saat kamu sentuh. Namun, kamu tidak boleh menaikinya, karena akan sangat berbahaya bagi keselamatan.

Ketika kamu mengunjungi tempat ini pada pagi hari, maka kamu bisa menikmati suasana samudera di atas awan. Walau tidak sempurna, setidaknya bisa memberikan sensasi ketenangan.

Banyak juga spot foto yang bisa kamu bidik, seperti spot foto yang berbentuk helikopter, berbagai macam bunga, dan lain-lain. Ingin mengunjungi wisata Watu Goyang? Harus, dong ya.

Lokasi: Dusun Cempluk, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Tiket: gratis

Puncak Becici Dlingo

Puncak Becici Dlingo

Mungkin memang Puncak Becici ini memiliki suasana yang sama dengan puncak-puncak di kawasan wisata lain, yaitu berupa gardu pandang dengan pemandangan yang menenangkan.

Namun, ada hal spesial dari Puncak Becici. Barack Obama, Presiden Amerika Serikat ke 44 pernah mengunjungi Puncak Becici. Ini menjadi suatu kehormatan, khususnya bagi warga Jogja, bukan?

Untuk mendapatkan momen yang lebih spesial, kamu bisa mengunjungi Puncak Becici pada sore hari atau pagi hari sekalian. Nikmati sunsetnya, nikmati sunrisenya, dan berswafoto ria lah sepuasnya.

Lokasi: Jalan Gunungcilik, Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogjakarta

Tiket: Rp 3.000

Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit

Disebut wisata Seribu Batu Songgo Langit karena wisata ini menyuguhkan banyak batu raksasa yang menjulang tinggi.

Tempat wisata ini juga tergolong masih baru, tetapi cukup ramai pengunjungnya.

Ketika berkunjung, kamu bisa merasakan atmosfer berada di negeri dongeng. Banyak berbagai macam rumah kurcaci dengan bentuk yang unik.

Tidak hanya itu, kamu pun bisa menikmati wahana, seperti flying fox dengan biaya tambahan Rp 15.000. Murah, bukan?

Lokasi: Jalan Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Jogjakarta

Tiket: Rp 3.000

Kampung Edukasi Watu Lumbung

Kampung Edukasi Watu Lumbung

Wisata Kampung Edukasi Watu Lumbung cukup menarik dan sayang untuk kamu bersama buah hati lewatkan begitu saja.

Kamu bisa berwisata sekaligus belajar kehidupan orang pedesaan. Mulai dari menyiapkan makanan, melayani tamu, menyiapkan makanan, dan masih banyak aktivitas lainnya yang harus kamu lakukan sendiri. Ajarkan ini semua kepada sang buah hati.

Tak lupa juga, kamu bisa menikmati perpustakaan dengan sistem barter. Ya, kamu bisa menyumbang buku dan akan mendapat imbalan makanan ringan, seperti pisang bakar keju, tahu goreng, hingga minuman kopi. Menarik, kan?

Lokasi: Jalan Panglima Sudirman, Parangtritis, Kretek, Kecamatan Kretek, Duwuran, Bantul, Jogjakarta

Tiket: menyumbang 3 buku Tentu bukan hanya 10 daftar tempat wisata Bantul yang bisa kamu jadikan wishlist itinerary nantinya. Masih banyak wisata menarik lainnya, seperti Pintu Langit Dahromo, Ekowisata Jatisari, wisata Teknologi 360 Dome Theatre, Bukit Lintang Sewu, dan lainnya. Sampai jumpa di rekomendasi selanjutnya, ya?